Studi Perkembangan Kesejahteraan Petani di Provinsi Jambi

Penulis

  • Muji Lestari Statistisi Ahli Madya BPS Provinsi Jambi

Kata Kunci:

Kemiskinan Perdesaan, Produktivitas Pertanian, Revitalisasi Pertanian

Abstrak

Manfaat dari transformasi ekonomi suatu negara atau suatu daerah terletak pada kemampuan meningkatkan kesejahteraan petani secara berkelanjutan. Perkembangan kesejahteraan petani di Provinsi Jambi menunjukkan adanya stagnasi pembangunan pertanian. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor yang berpengaruh terhadap kesejahteraan petani di Provinsi Jambi yang diukur dari penurunan angka kemiskinan perdesaan dan pertumbuhan pengeluaran perkapita sebagai variabel bebas. Metode analisis yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Variabel independen yang digunakan adalah pertambahan tenaga kerja sektor pertanian, perkembangan produktvitas pertanian, perubahan pertumbuhan ekonomi sektor pertanian, rasio belanja daerah untuk ekonomi terhadap total belanja daerah dan pertumbuhan investasi sektor pertanian.

Hasil analisis membuktikan bahwa pertumbuhan produktivitas usaha tani, pertumbuhan ekonomi sektor pertanian, dan pertumbuhan belanja daerah untuk kegiatan ekonomi mempunyai dampak langsung terhadap pengurangan kemiskinan perdesaan dan peningkatan pengeluaran perkapita di Provinsi Jambi. Peningkatan produktivitas pertanian sangat penting untuk menjaga pasokan hasil pertanian. Peningkatan laju pertumbuhan ekonomi pertanian sangat penting untuk menjaga permintaan terhadap hasil-hasil pertanian tetap tinggi. Peningkatan belanja daerah akan mendorong peningkatan kapasitas produksi pertanian.

Implikasi kebijakan dari hasil temuan tersebut adalah pentingnya kebijakan revitalisasi pertanian, perluasan jaringan pemasaran untuk menjaga permintaan terhadap produk pertanian tetap tinggi, serta penajaman prioritas belanja daerah untuk perbaikan prasarana dan sarana pendukung pertanian, peningkatan keterampilan petani, penyediaan dukungan dan akses terhadap benih unggul, pupuk, peralatan dan permodalan, serta perluasan jaringan pemasaran.

Pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 menjadi momentum untuk menyiapkan kebijakan revitalisasi pertanian dengan menyediakan data, informasi dan pengetahuan yang akurat, mutakhir, tepat waktu, terpadu dan sesuai standar internasional; serta mengembangkan manajemen pengetahuan (knowledge management) pertanian yang terpadu

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

Lestari, M. (2022). Studi Perkembangan Kesejahteraan Petani di Provinsi Jambi. Media Edukasi Data Ilmiah Dan Analisis (MEDIAN), 5(01), 1–9. Diambil dari https://bpsjambi.id/median/index.php/median/article/view/53